Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Sevagai Upaya Peningkatan Keaktifan dan HAsil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII PK SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011

Hariyanto, Hariyanto (2011) Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Sevagai Upaya Peningkatan Keaktifan dan HAsil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII PK SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : 1) Keaktifan belajar siswa kelas VIII PK SMP Muhammadiyah 7 Surakarta dengan menerapkan strategi pembelajaran Index Card Match, 2) Hasil belajar siswa kelas VIII PK SMP Muhammadiyah 7 Surakarta dengan menerapkan strategi pembelajaran Index Card Match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II melalui empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah : 1) Peningkatan keaktifan siswa dalam membaca buku pelajaran mencapai 22 siswa (91,67%), keaktifan siswa dalam menemukan pasangan mencapai 23 siswa (95,83%), keaktifan siswa dalam diskusi mencapai 21 siswa (87,50%), keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan mencapai 21 siswa (87,50%), dan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan mencapai 20 siswa (83,33%), 2) Peningkatan hasil belajar siswa, banyaknya siswa yang memperoleh nilai ≥ 65 mencapai 24 siswa (100%) pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa : 1) Penerapan strategi pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, 2) Penerapan strategi pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Additional Information: RAK A420/2011-046
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran Index Card Match, keaktifan, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Dec 2011 05:13
Last Modified: 11 Jan 2012 05:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15756

Actions (login required)

View Item View Item