Peran kepala sekolah dalam supervisi pendidikan (Upaya meningkatkan mutu guru di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun ajaran 2006-2007)

Lohlong, Solahudin (2007) Peran kepala sekolah dalam supervisi pendidikan (Upaya meningkatkan mutu guru di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun ajaran 2006-2007). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
halaman_depan.pdf

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF
bab_1.pdf

Download (65kB)
[img] PDF
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF
bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF
dapus.pdf

Download (29kB)

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan hakiki yang fundamental bagi keberlangsunggan peradaban manusia, karena melalui Pendidikan manusia dapat mengetahui apa yang tidak diketahuinya. Manusia yang berkedudukan sebagai hamba dan bertugas sebagai khalifah dapat memakmurkan bumi juga tidak lepas dari peran dalam kehidupannya. Oleh karena itu tanpa pendidikan manusia akan cenderung berbuat kerusakan. Dalam dunia pendidikan, ditemukan beberapa faktor yang membuat tujuan pendidikan tercapai, diantaranya organisasi, guru, dan Kepala Sekolah. Oleh karena itu, untuk membantu meningkatkan mutu guru diperlukan bantuan seseorang yang berprofesional. Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan dan merupakan orang yang paling bertanggung jawab terhadap keberhasilan pendidik disekolahnya, peran kepala sekolah yang terpenting dalam meningkatkan mutu guru adalah sebagai supervisor dalam menjalankan supervisi pendidikan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sejauh manakah peran kepala sekolah menjalankan tugas supervisi pendidikan untuk meningkatkan mutu guru di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana kepala sekolah berperan dalam supervisi pendidikan untuk meningkatkan mutu guru di sekolah tersebut. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan karena data yang diperoleh berupa data lapangan, bentuk penelitian ini bersifat deskriptif yang menggambarkan keadaan yang ada pada obyek yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tabulasi. Tabulasi bertujuan untuk mendapatkan gambaran frekuensi dalam setiap item yang penulis kemukakan, kemudian dibuat tabel yang berbentuk kolom untuk mewakili setiap bagian angket, dalam tabel ditampilkan data distribusi frekuentasi dengan prosentase. Angka prosentase diperoleh dengan cara frekuentasi jawaban dibagi jumlah responden dikalikan 100%. Pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa peran kepala sekolah telah cukup berhasil dalam peranannya sebagi supervisi pendidikan upaya meningkatkan mutu guru di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Supervisi pendidikan, mutu guru.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 29 Nov 2011 10:42
Last Modified: 03 Mar 2012 05:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15700

Actions (login required)

View Item View Item