PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V DENGAN PENDEKATAN KONSTEKSTUAL DI MI NEGERI SROYO, JATEN, KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011

ROSIDI, ROSIDI (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V DENGAN PENDEKATAN KONSTEKSTUAL DI MI NEGERI SROYO, JATEN, KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (32kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis puisi dengan tema lingkungan melalui pembelajaran dengan metode kontekstual pada siswa kelas V MI Negeri Sroyo, kecamatan Jaten. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action ressearch) dengan bentuk penelitian PTK. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V MI Negeri Sroyo Jaten Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara mendalam observasi partisipan, dokumentasi dan test. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif, komponen pokok analisis induksi interaktif yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam dalam Bab IV dapat diketahui bahwa. 1. Nilai rata hasil keterampilan menulis siswa kelas V Semester II terdapat peningkatan antara sebelum tindakan ke siklus II yaitu: nilai terendah naik dari sebelum tindakan adalah 55 meningkat menjadi 65, nilai tertinggi meningkat dari sebelum tindakan 80 menjadi 90 setelah tindakan siklus II. Untuk nilai rata-rata juga meningkat dari sebelum tindakan 64 menjadi 75 pada siklus II. Sedang proses pembelajaran siswa sebelum tindakan masih terlihat bingung dengan apa yang hendak ditulis, pada siklus II siswa sudah lancar untuk menulis puisi yang telah dilaksanakan. 2. Prosentase ketuntasan belajar siswa sebelum tindakan hanya 25 % (6 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 24 siswa) meningkat pada siklus I dengan angka sebesar 58,3 % ( 14 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 24 siswa), pada siklus II sebesar 95,83 % (23 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 24 siswa). Dengan demikian terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam menulis dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: Melalui metode konstekstual dapat meningkatan hasil keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V Semester II MI Negeri Sroyo Jaten Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A510/2011-050
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Keterampilan Menulis Puisi, Metode Konstekstual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 25 Nov 2011 10:31
Last Modified: 11 Jan 2012 05:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15632

Actions (login required)

View Item View Item