PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KETAON BANYUDONO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

HASTINI, NUR (2011) PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KETAON BANYUDONO TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I )
BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Proses pembelajaran menggunakaan media audio visual (video) perlu dikembangkan untuk meningkatkan efektifitas pencapaian tujuan dalam pembelajaran. Melalui media yang telah dikembangkan siswa dapat menggunakaan secara optimal alat indera yang dimilikinya. Semakin banyak alat indera yang digunakan oleh siswa maka sesuatu yang dipelajari akan makin mudah diterima dan diingat, akhirnya media dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih baik. Tujuan yang dicapai adalah untuk : 1) Mendeskripsikan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran Bahasa Inggris pada siswa kelas V SD Negeri 2 Ketaon Banyudono, dan 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas V SD Negeri 2 Ketaon Banyudono dengan menggunakan media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) melalui proses kerja kolaborasi antara kepala sekolah, guru Bahasa Inggris, dan peneliti di lingkungan sekolah dengan proses penelitian berbentuk siklus. Subjek yang diteliti adalah SD Negeri 2 Ketaon Banyudono Tahun Pelajaran 2011/2012 khususnya pada kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : 1) Proses pembelajaran bahasa Inggris pada kelas V SD Negeri 2 Ketaon Banyudono Boyolali dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap pertama adalah persiapan peralatan, kemudian meletakkan monitor di tempat yang mudah dilihat. Tahap berikutnya menjelaskan lebih dahulu tentang tujuan yang ingin dicapai, menjelaskan lebih dahulu kata-kata atau istilah yang dianggap sulit dan harus diketahui oleh siswa dalam tayangan video yang akan disajikan. Tahap ketiga apabila dipandang perlu untuk memberi penjelasan tambahan sewaktu program sedang disajikan, maka program tersebut dapat dihentikan untuk sementara. Kemudian pada siklus II dilakukan dengan meningkatkan peran aktif siswa dalam pembelajaran dengan membentuk kelompok-kelompok diskusi. Peran dan tugas melihat dan menyimak tayangan audio visual tetap merupakan tanggung jawab pribadi namun disesuaikan dengan hasil penyimakan siswa lain dalam sebuah kelompok; 2) Pembelajaran dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar vocabulary bahasa Inggris pada siswa kelas V SD Negeri 2 Ketaon Banyudono Boyolali. Hasil penilaian pada siklus II menunjukkan bahwa mayoritas siswa memperoleh nilai antara 8,0 – 10 sebanyak 19 orang atau 90,5% dan hanya 2 orang siswa (9,5%) yang memperoleh nilai 5,0 – 7,0. Kondisi ini lebih meningkat dibandingkan siklus I yaitu sebagian besar siswa memperoleh nilai 5,0 – 7,0 (76 %). Pemahaman vocabulary pada siklus II meningkat menjadi 4,5 % dari siklus I. Pemahaman vocabulary siswa pada kompetensi dasar bedroom pada akhir siklus II sebesar 19 siswa melebihi nilai KKM (6,5), sehingga pemahaman siswa tentang vocabulary pada kompetensi dasar bedroom sudah lebih baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Inggris, Audio Visual.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Nov 2011 05:47
Last Modified: 25 Nov 2011 05:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15626

Actions (login required)

View Item View Item