PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN METODE TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 01 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011

JUWARIYAH, JUWARIYAH (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN METODE TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 01 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img]
Preview
PDF (haldepan)
Halaman_Depan.pdf

Download (162kB)
[img]
Preview
PDF (bab1)
Bab_1.pdf

Download (177kB)
[img] PDF (bab2)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (bab3)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (bab4)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] PDF (bab5)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img]
Preview
PDF (daftarpustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan metode talking stick pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Kuto Kerjo Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Kuto Kerjo Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011.Jumlah siswa tersebut adalah 40 siswa terdiri dari 20 siswa putri dan 20 siswa putra. Penelitian mengambil materi mengenal keragaman kenampakan alam menggunakan peta pada mata pelajaran IPS. Teknik pengumpulan data dengan observasi, test dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa : 1 ) Penerapan metode pembelajaran Talking stick terbukti dapat meningkatkan aktivitas belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Kuto Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Semester I Tahun Pelajaran 2010/2011. Hal ini dapat diketahui dari peningkatan aktivitas belajar siswa dari satu siklus satu ke siklus berikutnya. Pada siklus I aktivitas belajar siswa dengan nilai rata-rata kelas dari pre test sebesar 24 meningkat menjadi 25 atau sekitar 4.1%, pada siklus II menjadi 31 atau sekitar 10.71 % dan pada siklus III meningkat menjadi 36 atau sekitar 16.12%. 2) Penerapan metode pembelajaran Talking stick terbukti dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Kuto Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Semester I Tahun Pelajaran 2010/2011. Hal ini dapat diketahui dari peningkatan hasil belajar siswa dari satu siklus satu ke siklus berikutnya. Pada siklus I hasil belajar siswa yang semula nilai rata-rata kelas dari pre test sebesar 77.5 meningkat menjadi 78.5 atau sekitar 1.27 %, pada siklus II meningkat menjadi 81.4 atau sekitar 3.56 %, dan pada siklus III meningkat menjadi 87 atau sekitar 6.43%.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, hasil belajar, talking stick
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 24 Nov 2011 10:23
Last Modified: 24 Nov 2011 10:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15617

Actions (login required)

View Item View Item