PENERAPAN METODE INQUIRY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA MATERI LINGKUNGAN KELAS V SD NEGERI KACANGAN I KEC. SUMBERLAWANG

ALFATH, AYATULLAH MUHAMMADIN (2011) PENERAPAN METODE INQUIRY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA MATERI LINGKUNGAN KELAS V SD NEGERI KACANGAN I KEC. SUMBERLAWANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img]
Preview
PDF (haldepan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (bab3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] PDF (bab4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (bab5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (daftarpustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) karakteristik kegiatan mengajar; (2) kegiatan belajar siswa; dan (3) karakteristik fisik kelas di SD Negeri Kacangan I Kecamatan Sumberlawang Kabupaten Sragen. Metode dalam penelitian ini menggunak an jenis penelitian kualitatif dengan strategi etnografi. Dalam menentukan subyek penelitian, peneliti memakai purposive sampling yaitu menentukan cuplikan dengan pertimbangan tertentu yang dipandang dapat memberikan data secara maksimal , dan snow ball sampling yaitu peneliti memilih responden secara berantai. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara etnografi (wawancara bebas, penggalian metode pembelajaran ), catatan-catatan dan rekaman wawancara. Penelitian dilaksanakan di SD negeri Kccangan I Kecamatan Sumberlawang Kabupaten Sragen mulai bulan Oktober 20 10 sampai dengan bulan Februari 20 11. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan tehnik: perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan, trianggulasi data, dan member check, sedangkan tehnik analisis data dengan menggunakan model analisis data . Dalam menguji teori menggunakan pendekatan induksi analitik Data yang diperoleh dikumpulkan dan dianalisis untuk dikembangkan berdasarkan apa yang diberikan oleh informan deng an menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu reduksi data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini merupakan kata -kata atau kalimat-kalimat panjang. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah proses kegiatan belajar mengajar merupakan tugas pokok seorang guru dan siswa yang menjadi satu mata rantai yang tidak dapat dipisahkan. Keberhasilan sebuah pembelajaran terletak pada guru, siswa, dan motivasi belajar. Dalam pengajaran, siswa bukan lagi sebagai obyek akan tetapi mereka sebagai subyek yang bekerja dalam kegiatan belajar dan mengajar dengan seorang guru ( student centered activity). Sedangkan guru adalah seorang fasilitator di tengah -tengah siswa yang sedang mengerjakan tugas dalam pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: inquiry, motivasi belajar, karakteristik fisik kelas .
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 24 Nov 2011 09:39
Last Modified: 24 Nov 2011 09:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15608

Actions (login required)

View Item View Item