PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI ( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII F SMP N 2 Gondang )

MANDARI, SEPTINA EKA (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI ( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII F SMP N 2 Gondang ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (108kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
3._BAB_I.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab 2)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab 3)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab 4)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab 5)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi, rendahnya kamampuan komunikasi matematika. Bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan Practice Rehearsal Pairs dalam pembelajaran, untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika melalui strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pairs dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian, penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas VII, yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian, guru kelas VII F SMP Negeri 2 Gondang Kab. Sragen sebagai subyek pemberi tindakan, siswa kelas VII F yang berjumlah 36 orang sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data, observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian tindakan kelas, 1) Ada peningkatan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan, dari 14% menjadi 50%; 2) Ada peningkatan kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan, dari 22% menjadi 58%; 3) Ada peningkatan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat/ide, dari 19% menjadi 53%; 4) Ada peningkatan kemampuan siswa dalam kerja kelompok, dari 28% menjadi 56%; 5) Ada peningkatan kemampuan siswa dalam mempresentasika hasil pekerjaan, dari 25% menjadi 78%; dan 6) Ada peningkatan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal dengan KKM 65, dari 31% menjadi 83%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pairs dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika. Kata kunci: Kemampuan Komunikasi, Practice Rehearsal Pairs

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi, Practice Rehearsal Pairs
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 21 Nov 2011 09:51
Last Modified: 21 Nov 2011 09:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15537

Actions (login required)

View Item View Item