PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD N BANMATI 3 TAHUN PELAJARAN 2009/2010

YUDANANTO, BREGAS (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD N BANMATI 3 TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (187kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan media gambar foto dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas v SD N Banmati 3 tahun pelajaran 2009/2010. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi. Pada siklus I nilai terendah siswa 30 dan nilai tertinggi siswa adalah 73, sedangkan pada siklus II nilai terendah siswa 60 dan nilai tertinggi siswa adalah 90. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa yaitu delapan siswa dan pada siklus II menjadi empat belas siswa. Penggunaan media gambar dalam pembelajaran bahasa Indonesia mendukung keterampilan menulis karangan deskrisi, membuat siswa lebih bersemangat dan mudah berkonsentrasi sehingga mampu menuangkan pemahamannya dengan baik dalam membuat karangan deskripsi. Penggunaan media gambar dalam menulis karangan deskripsi membuat siswa lebih senang dalam mengikuti pembelajaran. Penggunaan media gambar mampu meningkatkan hasil belajar menulis karangan deskripsi siswa. Siswa semakin aktif dalam pembelajaran. Siswa lebih antusias dalam mengerjakan tugas dan memperhatikan penjelasan guru. Bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karangan deskripsi, gambar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Nov 2011 06:01
Last Modified: 17 Nov 2011 06:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15478

Actions (login required)

View Item View Item