MANAJEMEN KEPEMIMPINAN SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

YUSUF, NANANG (2011) MANAJEMEN KEPEMIMPINAN SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (264kB)
[img]
Preview
PDF (BAb I)
03._BAB_I.pdf

Download (179kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (995kB)

Abstract

Dalam proses pembangunan, pendidikan memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap kemajuan suatu bangsa, karena pendidikan merupakan sarana dalam membangun watak bangsa. Oleh karena itu pengelolaan pendidikan secara baik sangat penting. Setiap usaha besar maupun kecil, baik yang bersifat komersial maupun sosial seperti lembaga sekolah, peranan manajemen (pengelolaan) sangat penting guna menunjang keberhasilan dan tercapainya tujuan yang diharapkan. Oleh karena itu penerapan manajemen (pengelolaan) khususnya manajemen kepemimpinan secara baik dan benar serta profesional merupakan sebuah tuntutan agar dapat mencapai keberhasilan sekolah. Dari pengamatan yang telah penulis laksanakan selama penelitian, kepemimpinan di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta sangat baik yaitu dapat dilihat dari pengelolaan dalam segala bidang yang dapat berjalan dengan lancar, sehingga mewujudkan SDM yang berkualitas. SMA Muhammadiyah merupakan sekolah rujukan bagi sekolah-sekolah swasta disekitarnya, dari situlah penulis tertarik mengadakan penelitihan skripsi di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana manajemen kepemimpinan sekolah, dalam meningkatkan, mengatasi hambatan, dan mengantisipasi hambatan yang muncul dalam upaya meningkatkan Mutu SDM di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta? (SDM yang dimaksud di sini adalah guru). Oleh karena itu penulis berusaha mengetahui bagaimana manajemen kepemimpinan sekolah di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta serta mengatasi hambatan dan mengantisipasi hambatan yang muncul dalam upaya meningkatkan mutu SDM di sekolah tersebut. Dari hasil penelitian ini, maka diharapkan dapat bermanfaat bagi sekolah, guru, siswa, pendidikan mengenai manajemen kepemimpinan sekolah dan sebagai referensi ilmiah bagi peneliti selanjutnya. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan analisis diskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang terindikasikan melalui peranannya sebagai educator, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator, dan motivator ternyata telah, sedang, dan terus melakukan upaya peningkatan mutu SDM yang sesuai rencana, visi dan tujuan dari setiap indikasi usaha yang dilaksanakan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK G000/2011-017
Uncontrolled Keywords: manajemen kepemimpinan sekolah, SDM
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Nov 2011 06:13
Last Modified: 09 Nov 2011 06:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15384

Actions (login required)

View Item View Item