KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DI MTS NEGERI WONOSEGORO BOYOLALI

SUSIATI, EVI (2011) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DI MTS NEGERI WONOSEGORO BOYOLALI. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Judul.pdf

Download (326kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan ciri-ciri rencana kerja Kepala Madrasah di MTsN Wonosegoro Kabupaten Boyolali. (2) Mendeskripsikan ciri-ciri implementasi rencana kerja Kepala Madrasah di MTsN Wonosegoro Kabupaten Boyolali. (3) Mendeskripsikan ciri-ciri evaluasi dan monitoring yang dilakukan Kepala Madrasah di MTsN Wonosegoro Kabupaten Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTs. Negeri Wonosegoro Kabupaten Boyolali. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara mendalam, metode observasi, dan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Proses perencanaan kegiatan atau penyusunan program sekolah dengan melibatkan unsur guru-guru dan masyarakat akan mendorong terwujudnya keterbukaan dan akan menekan seminim mungkin tingkat kesalahan perencanaan. Kegiatan perencanaan dilaksanakan dengan matang dan dimusyawarahkan secara terbuka dengan melibatkan semua unsur-unsur yaitu Kepala Madrasah, Guru, Komite dan wali murid. (2) Pengorganisasian dilakukan dengan melaksanakan koordinasi antara guru dan Kepala Madrasah sehingga menemukan hal-hal yang perlu ditindaklanjuti. Kepala Madrasah juga melakukan upaya menciptakan situasi kerja yang kondusif dengan penuh kebersamaan dan saling percaya serta saling menghormati. Koordinasi dengan masyarakat dilakukan sehingga upaya agar masyarakat selalu aktif dan peduli kepada sekolah. (3) Pengawasan dilaksanakan secara terbuka dan berkesinambungan yang diketahui semua pihak. Berbagai hal yang direncanakan di MTs Negeri Wonosegoro Kabupaten Boyolali merupakan perwujudan manajemen sekolah yang sudah menerapkan unsur keterbukaan, tanggung jawab/akuntabilitas dan partisipatif.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan kepala madrasah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Oct 2011 06:39
Last Modified: 10 Oct 2011 06:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15041

Actions (login required)

View Item View Item