HUBUNGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS IX MTS NEGERI SURAKARTA II TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011

DARYATI, DARYATI (2010) HUBUNGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS IX MTS NEGERI SURAKARTA II TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover.pdf

Download (116kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB-1.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)

Abstract

Pendidikan keluarga adalah fase awal dan basis bagi pendidikan seseorang. Pendidikan agama Islam dalam keluarga sangat penting untuk menanamkan keimanan, ketauhidan, serta akhlak yang baik bagi anak. Pendidikan Aqidah Akhlak adalah pendidikan yang sangat penting diberikan kepada anak sebagai fondasi awal dalam menghadapi realita perkembangan jaman yang dari tahun ke tahun semakin berkembang. Maka dengan adanya pendidikan Aqidah Akhlak dalam keluarga dan di sekolah, anak tidak akan cepat terpengaruh dan bisa mempertimbangkan mana perilaku yang baik dan yang buruk. Keberhasilan pendidikan agama Islam bukan terletak pada pendidikan di sekolah saja, namun juga terletak pada pendidikan dalam rumah tangga, sehingga hal ini dapat berpengaruh pula pada prestasi belajar agama mereka di sekolah. MTs Negeri Surakarta II merupakan salah satu lembaga pendidikan setingkat SMP berbasis agama Islam. Berdasar latar belakang tersebut, penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut, adakah hubungan pendidikan agama Islam yang diperoleh dalam keluarga dengan prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak pada siswa kelas IX MTs Negeri Surakarta II tahun ajaran 2010/ 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan pendidikan agama Islam dalam keluarga dengan prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa kelas IX MTs Negeri Surakarta II tahun pelajaran 2010/ 2011. Temuan hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan keilmuan tentang pentingnya pendidikan agama Islam dalam keluarga. Sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian, maka penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional. Metode penentuan subjek menggunakan populasi dan sampel, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs Negeri Surakarta II tahun pelajaran 2010/ 2011, sebanyak 245 siswa. Sampel yang digunakan adalah 15% dari 245 siswa, yaitu 40 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang dipakai menggunakan angket, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis yang dipakai menggunakan analisis statistik dengan teknik korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pendidikan agama Islam dalam keluarga dengan prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa kelas IX MTs Negeri Surakarta II tahun pelajaran 2010/ 2011. Hal ini terbukti dari hasil analisis korelasi yang memperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,422 > 0,304 diterima pada taraf signifikansi 5%. Nilai koefisiensi bernilai positif (0,422), hal ini menunjukkan bahwa hubungan antara pendidikan agama Islam dalam keluarga dengan prestasi belajar Aqidah Akhlak bermakna positif. Artinya jika pendidikan agama dalam keluarga semakin meningkat, maka prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa semakin meningkat pula.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajaran,Aqidah Akhlak
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 24 Sep 2011 03:14
Last Modified: 24 Sep 2011 10:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14662

Actions (login required)

View Item View Item