PENDIDIKAN AKHLAK PADA ANAK PRASEKOLAH (Studi Kasus di Taman Kanak-kanak/ Raudhatul Athfal Perwanida Mangkunegaran Tahun Pelajaran 2010/2011)

MUFIDAH, NURLAILA (2010) PENDIDIKAN AKHLAK PADA ANAK PRASEKOLAH (Studi Kasus di Taman Kanak-kanak/ Raudhatul Athfal Perwanida Mangkunegaran Tahun Pelajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (171kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)

Abstract

Dalam melaksanakan pendidikan akhlak pada anak prasekolah, perlu adanya faktor pendidikan akhlak yang meliputi pendidik, peserta didik, tujuan pendidikan akhlak, alat pendidikan dan lingkungan. Penelitian pendidikan akhlak di TK/RA Perwanida Mangkunegaran tahun pelajaran 2010/2011 bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan akhlak pada anak prasekolah dan apa faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Adapun manfaatnya untuk menambah wawasan keilmuan, menjadi stimulus dalam pengembangan penelitian selanjutnya dan memberikan bahan pertimbanagn dalam peningkatan kualitas pendidika akhlak.. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dalam hal ini bersifat kualitatif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pendidikan akhlak pada anak prasekolah dan apa faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan akhlak pada anak prasekolah di TK/RA Perwanida Mangkunegaran. Data dalam penelitian ini didapat dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek dari penelitian ini adalah semua siswa dan guru. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu mengumpulkan data kemudian mereduksi data yang telah di peroleh setelah itu menganalisis dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan pendidikan akhlak di TK/RA Perwanida dilakukan secara terus menerus baik di dalam KBM ataupun di luar KBM. Metode pembelajaran yang digunakan di TK/RA Perwanida adalah metode keteladanan, nasehat, pembiasaan, cerita, bernyanyi, hadiah dan hukuman. Materi pendidikan akhlak di TK/RA Perwanida dikelompokan dalam bentuk tema-tema yang meliputi kemampuan akhlak dasar anak dan sosial emosional. Faktor pendukung yang dimiliki TK/RA Perwanida dalam pelaksanaan pendidikan akhlak meliputi kepercayaan masyarakat dan motivasi orang tua untuk menyekolahkan putra-putrinya di TK/RA Perwanida Magkunegaran, Sumber daya manusia yang memadai dengan kondisi peserta didik yang rata-rata baik, Adanya tujuan pendidikan akhlak yang jelas di TK/RA Perwanida, adanya keterlibatan orang tua dalam pelaksanaan pendidikan akhlak di TK/RA Perwanida Mangkunegaran. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kelas kurang luas sehingga pembelajaran tidak dapat berjalan secara optimal, peserta didik berasal dari lingkungan yang berbeda sehingga sering menyebabkan kepribadian dan akhlak anak yang beragam dan Kualifikasi akademik bagi pengajar tidak sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan akhlak, Anak prasekolah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 22 Sep 2011 10:50
Last Modified: 22 Sep 2011 11:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14637

Actions (login required)

View Item View Item