PERBEDAAN KONSEP DIRI ANTARA SISWA PROGRAM RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL ( RSBI) DENGAN SISWA PROGRAM REGULER PADA SISWA SMA

PRABOWO, SURYA WIHANDANU (2011) PERBEDAAN KONSEP DIRI ANTARA SISWA PROGRAM RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL ( RSBI) DENGAN SISWA PROGRAM REGULER PADA SISWA SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover_judul.pdf

Download (124kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
._Bab_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_Angket_Sesudah_Try_Out.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)

Abstract

Dalam penyelenggaraan sistem pendidikan Indonesia di masa sekarang, Pemerintah telah merancang beberapa program pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Program pendidikan tersebut di antaranya adalah program pendidikan yang bersifat Reguler dan program pendidikan yang bersifat Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Dalam pelaksanaannya, terdapat perbedaan dalam sistem pendidikan dan sarana prasarana yang diterima antara siswa program RSBI dengan siswa program Reguler. Perbedaan tersebut dapat menimbulkan adanya perbedaan konsep diri pada siswa dari masing-masing program pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan konsep diri antara siswa kelas RSBI dan Reguler di SMA Negeri 1 Kudus. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap program RSBI dan Reguler pada siswa di SMA Negeri 1 Kudus. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XII IPA program Reguler dan RSBI tahun ajaran 2010/2011 di SMA Negeri 1 Kudus sebanyak 291 siswa, dengan proporsi kelas XII IPA Reguler sebanyak 168 siswa yang terdiri dari 4 kelas dan XII IPA RSBI sebanyak 123 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Sampel digunakan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling dimana sampel diambil dari dua kelas program Reguler sebanyak 84 siswa dan dua kelas program RSBI sebanyak 60 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket langsung dimana skor jawaban ditentukan dengan menggunakan skala Likert. Uji validitas menggunakan analisa Product Moment dengan koreksi rumus Part Whole diperoleh rentang koefisien korelasi 0,270 sampai 0,476 dimana p < 0,05 dan uji reliabilitas menggunakan teknik Varian dari Hyatt diperoleh nilai 0,737. Analisis data untuk hipotesis dalam penelitian ini menggunakan t- test. Berdasarkan hasil analisis menggunakan t-test diperoleh nilai 0,011 dengan taraf signifikan 0,991 dimana nilai p > 0,05 berarti tidak signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan konsep diri antara siswa program RSBI dengan siswa program Reguler pada siswa SMA. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan antara konsep diri siswa program RSBI dengan siswa program Reguler di SMA Negeri 1 Kudus. Berdasarkan hasil angket, diketahui bahwa tidak adanya perbedaan tersebut disebabkan oleh pemberian hak dan kewajiban sebagai siswa adalah sama, tidak dibedakan oleh program studi yang diambil siswa dan juga cara pergaulan siswa yang membaur atau tidak membentuk gap-gap tertentu sehingga siswa tidak memiliki rasa arogansi berlebihan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Siswa Program RSBI, Siswa Program Reguler
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Sep 2011 07:08
Last Modified: 21 Sep 2011 07:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14544

Actions (login required)

View Item View Item