PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI ASSESSMENT OF LEARNING DENGAN PENDEKATAN UMPAN BALIK PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 02 DADIREJO

YOGAWATI, ARNIS DWI (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI ASSESSMENT OF LEARNING DENGAN PENDEKATAN UMPAN BALIK PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 02 DADIREJO. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover.pdf

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Bab1)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa menggunakan Assessment Of Learning dengan pendekatan umpan balik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas III SD Negeri 02 Dadirejo yang berjumlah 41 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, review, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mampu : 1) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebesar 14,63%, sesudah tindakan naik menjadi 48,78%, 2) menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 12,19%, sesudah tindakan naik menjadi 53,66%, 3) mengerjakan soal-soal latihan sebelum tindakan sebesar 24,39%, sesudah tindakan naik menjadi 87,80%, 4) mengerjakan soal-soal latihan di depan kelas sebelum tindakan sebesar 9,76%, sesudah tindakan naik menjadi 51,22%, 5) mengerjakan tugas mandiri sebelum tindakan sebesar 31,71%, sesudah tindakan naik menjadi 92,68%, 6) hasil belajar dalam pembelajaran matematika sebelum tindakan sebesar 48,78%, sesudah tindakan naik menjadi 95,12%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran Assessment Of Learning dengan pendekatan umpan balik pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil_Belajar, Pembelajaran, Assessment_Of_Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 27 Aug 2011 03:13
Last Modified: 27 Aug 2011 03:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14278

Actions (login required)

View Item View Item