UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PRACTICE-REHEARSEAL PAIRS DENGAN MEDIA CHART PADA POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)

NUGRAHA, IVAN YOGA (2011) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PRACTICE-REHEARSEAL PAIRS DENGAN MEDIA CHART PADA POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_Halaman_Depan.pdf

Download (279kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03_BAB_I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_daftar_pustaka.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode Practice-Rehearseal Pairs dengan Media Chart. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII.G SMP Al- Islam 1 Surakarta yang berjumlah 38 siswa, sedangkan obyek penelitian ini adalah peningkatan motivasi belajar siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator motivasi belajar: (a) mengemukakan ide / pendapat, sebelum tindakan 7,89% dan setelah tindakan 50,00% (b) memberi tanggapan dari guru atau siswa lain, sebelum tindakan 5,26% dan setelah tindakan 52,63% (c) mengerjakan soal latihan yang diberikan guru, sebelum tindakan sebesar 44,74% dan setelah tindakan 86,84% (d) menanyakan yang belum jelas, sebelum tindakan 13,16% dan setelah tindakan 57,89%. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran matematika melalui metode Practice-Rehearseal Pairs dengan Media Chart mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410/2011-33
Uncontrolled Keywords: Practice-Rehearseal Pairs, motivasi, Media Chart
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 25 Aug 2011 03:13
Last Modified: 31 Oct 2011 04:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14261

Actions (login required)

View Item View Item