ANALISIS ASPEK GRAMATIKA PENGACUAN PERSONA DAN PENGACUAN DEMONSTRATIF DALAM CERPEN KARYA SISWA KELAS XI IPS I SMA MUHAMMADIYAH 3 SURAKARTA

FACHTAZAIN, LISMA (2011) ANALISIS ASPEK GRAMATIKA PENGACUAN PERSONA DAN PENGACUAN DEMONSTRATIF DALAM CERPEN KARYA SISWA KELAS XI IPS I SMA MUHAMMADIYAH 3 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Halaman_Depan.pdf

Download (65kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (49kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)

Abstract

Wacana adalah satuan bahasa terlengkap yang dinyatakan secara lisan seperti pidato, ceramah, khotbah, dan dialog, atau secara tertulis seperti cerpen, novel, biku, surat, dan dokumen tertulis yang dilihat dari struktur lahirnya (dari segi bentuk) bersifat kohesif, saling terkait dan dari struktur batinnya (dari segi makna) bersifat kohern, terpadu. Wacana yang kohesif akan membawa pengaruh pada kejelasan hubungan antara satuan bentuk kebahasaan yang satu dengan yang lain sehingga ide dalam wacana dapat lebih terarah secara jelas dan utuh. Peranan dan fungsi penanda kohesi secara formal hadir sebagai alat untuk menciptakan keselarasan dan kepaduan informasi yang berimplikasi pada kelancaran pemahaman wacana akan menghindarkan gangguan salah tafsir baik bagi pembaca atau pendengar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan bentuk kohesi gramatikal pengacuan persona dan pengacuan demonstratif yang ada di dalam cerpen karya siswa kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Objek penelitian ini adalah aspek-aspek gramatikal yang menjadi sarana keutuhan wacana “cerpen karya siswa kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pustaka dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode padan dan agih. Hasil penelitian ini adalah (1) bentuk kohesi gramatikal pengacuan persona yang ada di dalam cerpen karya siswa kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah 3 Surakarta, meliputi pengacuan persona pertama bentuk tunggal yaitu aku, saya, lekat kiri ku-, lekat kanan –ku, pengacuan persona pertama bentuk jamak yaitu kami dan kita, pengacuan persona kedua bentuk tunggal, yaitu kamu dan –mu, pengacuan persona ketiga bentuk tunggal yaitu dia, beliau, nya, pengacuan persona ketiga bentuk jamak yaitu mereka, (2) bentuk kohesi gramatikal pengacuan demonstratif yang ada di dalam cerpen karya siswa kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah 3 Surakarta adalah pengacuan demonstratif waktu (kini, sekarang, saat ini, dulu) dan pengacuan demonstratif tempat (sini)

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aspek gramatikal, persona,demonstratif, cerpen.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 23 Aug 2011 05:02
Last Modified: 23 Aug 2011 05:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14232

Actions (login required)

View Item View Item