PENERAPAN METODE CIRC DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA DALAM WACANA PADA SISWA KELAS VII A SMP NU SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2010/ 2011

IRMAWATI, EVI (2011) PENERAPAN METODE CIRC DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA DALAM WACANA PADA SISWA KELAS VII A SMP NU SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2010/ 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Halaman_Depan.pdf

Download (164kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (47kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui proses pembelajaran menemukan gagasan utama dalam wacana dengan menggunakan metode CIRC pada siswa kelas VII A SMP NU Suruh kabupaten Semarang; (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menemukan gagasan utama dalam wacana siswa kelas VII A SMP NU Suruh kabupaten Semarang dengan metode pembelajaran CIRC. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sasaran penelitian ini adalah peningkatan kemampuan menemukan gagasan utama dalam wacana dengan menggunakan metode CIRC pada siswa kelas VII A SMP NU Suruh kabupaten Semarang. Data dalam penelitian ini adalah (1) proses pembelajaran menemukan gagasan utama dalam wacana dengan menggunakan metode CIRC di kelas VII A SMP NU Suruh kabupaten Semarang; (2) jawaban siswa kelas VII A SMP NU Suruh kabupaten Semarang tentang penemuan gagasan utama dalam wacana sebelum menggunakan metode CIRC dan setelah menggunakan metode CIRC. Data penelitian ini diambil dengan cara (1) wawancara; (2) observasi; (3) tes; (4) catatan lapangan; (5) dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik pengamatan penelitian deskriptif kualitatif. Tahap yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas ini adalah (1) menyusun rencana tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) pengamatan; (4) refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) metode CIRC dapat meningkatkan kemampuan menemukan gagasan utama dalam wacana siswa kelas VII A SMP NU Suruh kabupaten Semarang. Pada tahap prasiklus diperoleh rata-rata nilai siswa adalah 51,3. Pada siklus I rata-rata nilai meningkat menjadi 69,4, dan pada siklus II rata-rata nilai meningkat menjadi 87,5 ; (2) motivasi dan keaktifan siswa kelas VII A SMP NU Suruh kabupaten Semarang dalam mengikuti pembelajaran menemukan gagasan utama dalam wacana dengan menggunakan metode CIRC meningkat. Pada tahap prasiklus diperoleh sebanyak 6 siswa yang mengikuti pembelajaran dengan semangat dan sungguh-sunggguh. Pada siklus I sebanyak 15 siswa, dan pada siklus II sebanyak 18 siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A310/2011-40
Uncontrolled Keywords: metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), gagasan utama, wacana
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 22 Aug 2011 08:04
Last Modified: 25 Oct 2011 03:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14223

Actions (login required)

View Item View Item