PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP AGENCY COST PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA

Cahyono, Aprih Tri (2011) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP AGENCY COST PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (536kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis praktek corporate governance (kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, ukuran dewan komisaris, ukuran dewan direksi, komite audit serta variabel kontrol leverage) berpengaruh terhadap agency cost pada perusahaan manufaktur di Indonesia. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2007-2009. Sampel diambil dengan menggunakan purposive sampling dan didapatkan 69 perusahaan selama tiga tahun. Karena data tidak normal pada pengujian awal maka dilakukan reduksi data untuk data yang mengandung outliers (data ekstrim), sehingga sampel yang didapatkan menjadi 61. Teknik analisis pengujian menggunakan analisis regresi linier berganda. Untuk membantu menganalisis data, penulis menggunakan bantuan SPSS 17 for window. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, ukuran dewan komisaris, ukuran dewan direksi, komite audit dan leverage secara bersama-sama berpengaruh terhadap agency cost, dimana hasil uji F menunjukan nilai Fhitung (5,912) diterima pada taraf signifikan 5%. Selain itu hasil uji hipotesis (uji t) menunjukan bahwa kepemilikan manajerial,ukuran dewan direksi, komite audit dan leverage berpengaruh secara signifikan terhadap agency cost. Sedangkan kepemilikan institusional, dan ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh secara signifikan terhadap agency cost pada taraf signifikan 5%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Agency cost, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dewan direksi, dewan kosaris, komite audit, leverage.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Aug 2011 07:38
Last Modified: 21 Nov 2019 03:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14221

Actions (login required)

View Item View Item