UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI BERMAIN BALOK PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH AL JA’FAR DAWUNG JENAR SRAGEN TAHUN AJARAN 2010 / 2011

Sutarni, Sutarni (2011) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI BERMAIN BALOK PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH AL JA’FAR DAWUNG JENAR SRAGEN TAHUN AJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (79kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB___IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan proses penerapan metode bermain balok pada pembelajaran, dengan bermain balok dapat meningkatkan kreativitas anak. Obyek penelitian ini adalah bermain balok untuk meningkatkan kreativitas anak. Sumber dari penelitian ini diperoleh dari Peserta Didik kelompok B TK Aisyiyah Al Ja’far Dawung, Jenar,Sragen. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data secara deskrifsi kualitatif dengan model alur yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan kreativitas anak melalui bermain balok. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil evaluasi sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Daya imajinasi anak sebelum tindakan dari 18,2 % ( 4 anak didik), siklus I 36,2 % ( 7 anak), siklus II 61,3 % (13 anak), siklus III 77,3 % (17 anak). Rasa ingin tahu anak sebelum tindakan 27,3 % (6 anak), siklus I 43,2 % (9 anak), siklus II 72,7 % (15 anak), siklus III 88,6 % (19 anak). Rasa percaya diri anak sebelum tindakan 22,7 % (5 anak), siklus I 43,2 % (9 anak), siklus II 65,8 % (14 anak), siklus III 88,7 % (19 anak). Kemandirian anak sebelum tindakan 27,3 % (6 anak), siklus I 45,5 % (10 anak), siklus II 70,4 % (15 anak), siklus III 88,6 % (19 anak). Keberanian dan keyakinan anak sebelum tindakan 22,7 % (5 anak), siklus I 45 % (10 anak), siklus II 70,4 % (15 anak), siklus III 90,9 % (20 anak). Penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan bermain balok dalam pembelajaran di TK Aisyiyah Al Ja’far dapat meningkatkan kreativitas anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Bermain Balok.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Aug 2011 05:45
Last Modified: 16 Aug 2011 05:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14124

Actions (login required)

View Item View Item