MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP PADA POKOK MATERI SISTEM EKSKRESI SISWA KELAS XI IPA 4 MAN PURWODADI TAHUN AJARAN 2010/2011

SWASTI, AMALIA NITYA (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP PADA POKOK MATERI SISTEM EKSKRESI SISWA KELAS XI IPA 4 MAN PURWODADI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (269kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03_BAB_I.pdf

Download (74kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : untuk meningkatkan hasil belajar biologi melalui penerapan strategi pembelajaran peta konsep pada pokok materi sistem ekskresi siswa kelas XI IPA 4 MAN Purwodadi tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan penerapan strategi pembelajaran peta konsep yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknis analisia data dengan menggunakan penilaian afektif dan kognitif dalam siklus I dan siklus II. Hasil penelitian tindakan kelas adalah : nilai rata-rata kognitif semula hanya 57 setelah menggunakan penerapan strategi pembelajaran peta konsep dapat meningkatkan rata-ratanya menjadi 74,6 pada siklus I dan 81,5 pada siklus II. Nilai rata-rata afektif pada siklus I yaitu 8,16 (termasuk dalam kategori cukup berminat) setelah menggunakan penerapan strategi pembelajaran peta konsep meningkat menjadi 13,38 (termasuk dalam kategori berminat). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : Penerapan strategi pembelajaran peta konsep dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 4 MAN Purwodadi, bahwa hipotesis yang dikemukakan dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, penerapan strategi pembelajaran peta konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 16 Aug 2011 04:33
Last Modified: 16 Aug 2011 04:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14114

Actions (login required)

View Item View Item