PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENTS UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP PADA SISWA SMP

PUSPITA W, FITRIA CITRA (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENTS UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP PADA SISWA SMP. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (178kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
3._Bab_I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Bab II)
4._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab III)
5._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab V)
7._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran kooperatif Teams Games Tournaments (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa diukur dari aspek afektif, aspek kognitif, dan aspek psikomotorik pada mata pelajaran IPA-Biologi materi Keanekaragaman Makhluk Hidup siswa kelas VII C SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan,tindakan,observasi, evaluasi, dan refleksi dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Analisis data dari penelitian ini adalah statistik sederhana dan deskriptif kualitatif, yaitu untuk mendeskripsikan berbagai aspek yang diukur dan menguraikan secara deskriptif tentang perkembangan proses pembelajaran siswa dari siklus I sampai siklus III. Data yang diperoleh dari hasil observasi dan tes pada siklus I sampai siklus III dianalisis dengan statistik sederhana dengan cara menghitung nilai rata-rata disetiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rerata hasil penilaian hasil belajar siswa kelas VII pada siklus I aspek kognitif = 6,35; aspek afektif = 1,79 (termasuk kriteria kurang baik), aspek psikomotorik = 1,79 (termasuk kriteria kurang baik). Rerata hasil belajar pada siklus II aspek kognitif = 6,95; aspek afektif = 2,32 (termasuk kriteria cukup baik) aspek psikomotorik = 2,45 (kriteria cukup baik). Rerata hasil belajar pada siklus III aspek kognitif = 7,79; aspek afektif = 3,01 (termasuk kriteria baik), aspek psikomotorik = 3,05 (termasuk kriteria baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournaments Pokok Bahasan Keanekaragaman Makhluk Hidup dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMP Al-Islam I Surakarta tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournaments dan Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 16 Aug 2011 03:12
Last Modified: 16 Aug 2011 03:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14109

Actions (login required)

View Item View Item