PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RECIPROCAL TEACHING DAN SCRAMBLE DENGAN MEDIA ANIMASI PADA SUB POKOK MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 02 JUMAPOLO TAHUN AJARAN 2010/2011

FADILAWATI, INDRI (2011) PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RECIPROCAL TEACHING DAN SCRAMBLE DENGAN MEDIA ANIMASI PADA SUB POKOK MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 02 JUMAPOLO TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (127kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB___1.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB___2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB___3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB___4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB___5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang tepat untuk digunakan dalam mengajar pada pokok bahasan sistem pernapasan manusia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 02 Jumapolo yang berjumlah 187 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 72 siswa yang terdiri dari 36 siswa sebagai kelas reciprocal teaching dan 36 siswa sebagai kelas scramble. Analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan cara menganalisis data pada eksperimen dan kontrol. Sumber data dalam penelitian ini bersumber dari nilai ujian tengah semester dan nilai post test. Penerapan metode pembelajaran reciprocal teaching pada kelas VIIIB didapatkan hasil rata-rata skor (7,23) lebih tinggi dibanding dengan kelas VIII C yang menggunakan metode pembelajaran scramble yang memiliki rata -rata (6.85). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan penggunaan model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas VIII B dan VIIIC SMP Negeri 02 Jumapolo Tahun ajaran 2010/2011. Model pembelajaran reciprocal teaching lebih baik bila dibandingkan dengan model pembelajaran scramble, itu terbukti pada hasil rata-rata nilai reciprocal teaching yang lebih tinggi bila di bandingkan dengan scramble.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Reciprocal teaching, Scramble, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 13 Aug 2011 02:56
Last Modified: 13 Aug 2011 02:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14058

Actions (login required)

View Item View Item