PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN INTERAKSI EDUKATIF DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS X SMK PGRI 1 PEDAN TAHUN AJARAN 2010/2011

WITANTI, SRI (2011) PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN INTERAKSI EDUKATIF DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS X SMK PGRI 1 PEDAN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar Pkn pada siswa kelas X mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK PGRI 1 Pedan tahun ajaran 2010 / 2011; 2) Untuk mengetahui pengaruh interaksi edukatif dalam proses belajar mengajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas X mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK PGRI 1 Pedan tahun ajaran 2010 / 2011; 3) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar dan interaksi edukatif dalam proses belajar mengajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas X di SMK PGRI 1 Pedan Tahun ajaran 2010 / 2011. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dala m penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK PGRI Pedan. Sampel diambil sebanyak adalah 42 orang siswa dengan teknik simple random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 18,768 + 0,545X1 + 0,531X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh kedisiplinan belajar dan interaksi edukatif. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) ”Kedisiplinan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas X di SMK PGRI 1 Pedan tahun tahun ajaran 2010/2011” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,624 > 2,023 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001 dengan sumbangan relatif sebesar 58,6% dan sumbangan efektif 26,3%; 2) ”Pemanfaatan interaksi edukatif berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganeraan pada siswa kelas X di SMK PGRI 1 Pedan tahun ajaran 2010/2011” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,870 > 2,023 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,007 dengan sumbangan relatif sebesar 41,4% dan sumbangan efektif 18,6%; 3) “Kedisiplinan belajar dan interaksi edukatif dalam proses belajar mengajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas X di SMK PGRI 1 Pedan tahun ajaran 2010/2011” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Berdasarkan uji keberartian regresi linear ganda atau uji F diketahui bahwa nilai Fhitung > Ftabel, yaitu 15,899 > 3,238 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,449 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kedisiplinan belajar dan interakasi edukatif dalam proses belajara mengajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa adalah sebesar 44,9%, sedangkan 55,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Belajar, dan intera ksi edukatif dalam proses belajar mengajar , Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Aug 2011 04:26
Last Modified: 12 Aug 2011 04:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14034

Actions (login required)

View Item View Item