Supriyanto, Heru (2011) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURY MATHEMATICS PROJECT (MMP) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (PTK di SMPN 3 Colomadu Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII Tahun 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
cover.pdf Download (119kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (51kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
|
PDF (FDaftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model Missoury Mathematics Project (MMP) siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Colomadu. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII D yang berjumlah 35 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII D. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Ada peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model Missoury Mathematics Project (MMP), hal ini dapat dilihat dari aspek a) mengerjakan tugas rumah atau PR yang diberikan guru sebelum tindakan 34,28% meningkat menjadi 94,28% pada akhir tindakan, b) bertanya mengenai materi yang belum dipahami sebelum tindakan 8,57% meningkat menjadi 45,71% pada akhir tindakan, c) mengerjakan soal-soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 22,85% meningkat menjadi 54,28% pada akhir tindakan, dan d) menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan 14,28% meningkat menjadi 51,42% pada akhir tindakan. 2) Ada peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model Missoury Mathematics Project (MMP), hal ini dapat dilihat nilai siswa yang mencapai KKM sama dengan 65 sebelum tindakan 25% meningkat menjadi 94,28% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model Missoury Mathematics Project (MMP) dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan kubus dan balok.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Missoury Mathematics Project (MMP), Keaktifan, Prestasi belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Aug 2011 09:03 |
Last Modified: | 10 Aug 2011 09:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13994 |
Actions (login required)
View Item |