UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION ( RME ) PADA SISWA KELAS V SD N I PUCUNG TAHUN AJARAN 2010/2011

NUGRAHENI, ARI (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION ( RME ) PADA SISWA KELAS V SD N I PUCUNG TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (169kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Pucung yang berjumlah 22 siswa, dan obyek penelitian ini adalah adalah hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refeksi.Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebelum tindakan adalah 40,90%. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan RME pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 54,54% pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi menjadi 72,73% . Secara keseluruhan dengan penggunaan pendekatan RME tersebut mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V SD Negeri I Pucung.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, matematika, pendekatan realistic mathematic education.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Aug 2011 05:22
Last Modified: 10 Aug 2011 05:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13968

Actions (login required)

View Item View Item