PENINGKATAN KETRAMPILAN KOMUNIKASI DAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRING MIND WANT TO KNOW KELAS VII F SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

NUROHMAH, FITRI (2011) PENINGKATAN KETRAMPILAN KOMUNIKASI DAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRING MIND WANT TO KNOW KELAS VII F SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (119kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (Bab IV & V)
BAB_IV_DAN_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan berkomunikasi dan berpikir kritis sangat dibutuhkan pada zaman yang semakin berkembang. Kemampuan berkomunikasi dan berfikir kritis pada manusia tidak dapat berkembang begitu saja tanpa adanya pelatian, pada orang dewasa meningkatkan kedua kemampuan diatas dapat dilakukan dimana saja, tetapi pada anak-anak untuk meningkatkan kedua kemampuan tersebut harus melewati lembaga pendidikan, maka dari itu peneliti melakukan penelitian untuk meningkatkan kedua kemampuan tersebut. Obyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VII F SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Pada kelas ini terdapat sebanyak 11 siswa sebesar 30,55% sukar memahami materi pembelajaran dan siswa ramai sebanyak 16 siswa sebesar 44,44%. Berdasarkan hasil observasi awal tersebut maka guru dan peneliti menggunakan metode Inquiring Mind Want To Know. Metode ini merupakan metode pembelajaran yang dapat membengkitkan rasa keingintahuan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Iinquiring Mind Want To Know dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan berpikir kritis siwa kelas VII F SMP Muhammadiyah 5 Surakarta pada pokok bahasan ekosistem. Penelitian ini berlangsung selama tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis diskriptif kualitatif yaitu menganalisis hasil penelitian dari observasi awal hingga siklus III. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar dari observasi awal hingga siklus III. Perkembangan hasil belajar rata-rata kognitif siswa yaitu 6.4 (observasi awal), 6.8 (siklus I), 8.0 (Siklus II) dan 8.4 pada siklus III. Hasil rata-rata afektif untuk perilaku berkarakter yaitu 11.25 (Observasi awal), 15.7 (Siklus I ), 17.67 (Siklus II), dan 20.12 pada siklus III. Hasil rata-rata afektif untuk ketrampilan komunikasi yaitu 8.67 (Observasi awal), 10.85 (Siklus I), 13.36 (Siklus II) dan 15.60 pada siklus III. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa metode belajar Inquiring Mind Want To Know dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan berfikir kritis siwa pada pokok bahasan ekosistem siswa kelas VII F SMP Muhammadiyah 5 Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A420/2011-24
Uncontrolled Keywords: Inquiring Mind Want To Know, Komunikasi, Berpikir kritis .
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 10 Aug 2011 03:26
Last Modified: 31 Oct 2011 05:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13962

Actions (login required)

View Item View Item