PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN GAMBAR DALAM UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA TUNA GRAHITA RINGAN (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Tuna Grahita Ringan Kelas III Semester Gasal SDLB - C Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)

ISNARDIANTINI, SAM (2011) PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN GAMBAR DALAM UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA TUNA GRAHITA RINGAN (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Tuna Grahita Ringan Kelas III Semester Gasal SDLB - C Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (133kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
3._BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa tuna grahita ringan dalam pembelajaran matematika pada materi operasi perkalian melalui penggunaan media permainan gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas III SDLB-C Negeri Surakarta yang berjumlah 6 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah aktivitas belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian adalah ada peningkatan aktivitas belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator aktivitas belajar matematika meliputi: 1) mempraktikkan sendiri media permainan gambar sebelum tindakan 33,3 %, putaran I 66,7 %, dan di akhir tindakan 100 %, 2) menyelesaikan soal latihan sebelum tindakan 33,3 %, putaran I 66,7 %, dan di akhir tindakan 100 %, 3) mengerjakan soal latihan didepan kelas sebelum tindakan 16,7 %, putaran I 50%, dan di akhir tindakan 83,3 %, 4) mengerjakan pekerjaan rumah sebelum tindakan 100 %, putaran I 100 %, dan di akhir tindakan 100 %,Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan media permainan gambar dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika pada siswa tuna grahita ringan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410/2011-46
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar matematika siswa tuna gragita ringan, penggunaan media permainan gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 09 Aug 2011 03:09
Last Modified: 31 Oct 2011 04:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13932

Actions (login required)

View Item View Item