PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVENMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT (Eksperimen di Kelas X Semester Genap SMK PSM Kedunggalar, Kab. Ngawi Tahun Ajaran 2010/2011)

TAMARAN, EPI (2011) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVENMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT (Eksperimen di Kelas X Semester Genap SMK PSM Kedunggalar, Kab. Ngawi Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (290kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe NHT dan STAD terhadap prestasi belajar matematika. (2) Pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika. (3) Efek interaksi antara metode pembelajaran dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimentasi. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMK PSM Kedunggalar, tahun ajaran 2010/2011, sedangkan sampelnya adalah siswa dua kelas, yaitu kelas X AK1 dan kelas X AK2. Teknik pengambilan sampel dengan undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Angket dan Tes sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan. Hasil penelitian menggunakan α = 5% menunjukkan 1) Terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT dan STAD terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini berdasarkan analisis variansi dua jalan diketahui bahwa Fhitung > Ftabel sebesar 4,261 > 4,001. 2) Terdapat pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini berdasarkan analisis variansi dua jalan diketahui bahwa Fhitung > Ftabel sebesar 26.080 > 4,001 .3) Tidak terdapat efek interaksi antara metode pembelajaran dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini berdasarkan analisis variansi dua jalan diketahui bahwa Fhitung < Ftabel sebesar 0.708 > 4,001.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi-belajar-matematika, Keaktifan-siswa, Metode-pembelajaran-kooperatif-tipe-NHT, STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Aug 2011 06:07
Last Modified: 08 Aug 2011 06:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13902

Actions (login required)

View Item View Item