PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION) DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR (PTK Pada Siswa Kelas X‐AP SMK PRAMA Kartasura Tahun Ajaran 2011)

SUKRON, SUKRON (2011) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION) DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR (PTK Pada Siswa Kelas X‐AP SMK PRAMA Kartasura Tahun Ajaran 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (209kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan minat belajar dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran ARIAS dengan mengoptimalkan alat peraga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku pemberi tindakan, dan kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X-AP SMK Prawira Marta Kartasura, yang berjumlah 32 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah peningkatan minat belajar siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan minat belajar siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator minat belajar yang meliputi: 1) respon siswa dalam menjawab/bertanya kepada guru sebelum tindakan 9,37%, putaran I 12,5%, putaran II 25% dan di akhir tindakan 43,75%, 2) aktivitas siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 6,25%, putaran I 12,5%, putaran II 21,87% dan di akhir tindakan 31,25%, 3) kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran sebelum tindakan 31,25%, putaran I 46,87%, putaran II 56,25% dan di akhir tindakan 78,13%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS dengan mengoptimalkan alat peraga dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar Siswa, Model Pembelajaran ARIAS, Alat Peraga.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Aug 2011 04:44
Last Modified: 04 Aug 2011 04:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13804

Actions (login required)

View Item View Item