PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 WEDI TAHUN AJARAN 2010/2011

DEWI, RASANIS (2011) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 WEDI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi; 2) Adakah pengaruh kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi; 3) Adakah pengaruh secara bersama-sama penggunaan media pembelajaran dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X pada SMA Negeri 1 Wedi. Sampel diambil sebanyak adalah 50 orang siswa dengan teknik proporsional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas serta diuji prasyarat analisi (Uji Normalitas dan Linearitas). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 1,280 + 0,734X1 + 0,821X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh media pembelajaran dan kebiasaan belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Wedi” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,194 > 2,012 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,033 dengan sumbangan efektif sebesar 13,7%; 2) Ada pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Wedi ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,288 > 2,012 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,027 dengan sumbangan efektif sebesar 14,5%; 3) Ada pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran dan kebiasaan belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Wedi ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 9,230 > 3,195 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,381. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,282 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh media pembelajaran dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 28,2% sedangkan 71,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Kebiasaan Belajar dan Prestasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2011 05:06
Last Modified: 03 Aug 2011 05:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13782

Actions (login required)

View Item View Item