TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA WACANA IKLAN PRODUK DI TRANS TV

PUJIYANTO, PUJIYANTO (2011) TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA WACANA IKLAN PRODUK DI TRANS TV. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (141kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
bab_1.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] PDF (Bab V)
bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan jenis tindak tutur ilokusi yang digunakan dalam wacana iklan produk di Trans TV, dan (2) Mendeskripsikan fungsi tindak ilokusi yang digunakan dalam wacana iklan produk di Trans TV Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah teknik rekam dan catat untuk memperoleh data. Teknik rekam adalah teknik yang dilakukan dengan perekaman yang menggunakan tape recorder tertentu sebagai alatnya. Teknik catat adalah teknik yang dilakukan pencatatan pada kartu data yang segera dilanjutkan dengan klasifikasi. Peneliti menganalisis data dengan metode padan. Metode padan merupakan analisis data yang memiliki alat penentu di luar bahasa, terlepas dan tidak menjadi bagian dari bahasa yang bersangkutan. Adapun teknik yang digunakan adalah teknik referensial dan teknik pragmatis. Teknis referensial digunakan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk implikatur, sedangkan teknik pragmatis digunakan untuk menjelaskan implikasi dan mengetahui faktor yang menyebabkan pemakaian-pemakaian tindak tutur ilokusi. Metode penyajian formal adalah penyajian dengan menggunakan tanda-tanda atau lambang. Berdasarkan hasil penelitian ini, ditemukan jenis dan fungsi tindak tutur ilokusi pada wacana iklan produk di Trans TV. Jenis tindak tutur ilokusi yang ditemukan terdiri atas lima jenis tindak tutur yaitu: 1) tindak tutur representatif terdapat lima jenis meliputi menyatakan, mengakui, melaporkan, menyebutkan, dan menunjukkan, 2) tindak tutur direktif terdapat enam jenis meliputi meminta, menyuruh, memohon, menyarankan, memaksa, dan memberikan aba-aba, 3) tindak tutur komisif terdapat satu jenis yaitu menyatakan kesanggupan, 4) tindak tutur ekspresif terdapat empat jenis yaitu meliputi mengucapkan terima kasih, mengkritik, mengeluh, dan memuji, dan 5) tindak tutur deklaratif terdapat dua jenis yaitu memutuskan dan mengabulkan. Fungsi tindak tutur ilokusi yang ditemukan terdiri atas empat fungsi yaitu, 1) fungsi kompetitif terdapat satu fungsi yaitu meminta, 2) fungsi menyenangkan terdapat dua fungsi yaitu mengucapkan terima kasih dan menyapa, 3) fungsi bekerja sama terdapat satu fungsi yaitu melaporkan, dan 4) fungsi bertentangan terdapat satu fungsi yaitu memarahi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tindak tutur, ilokusi, iklan produk
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 03 Aug 2011 02:48
Last Modified: 03 Aug 2011 02:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13771

Actions (login required)

View Item View Item