STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN IPA ANTARA PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGMOJO 01 TAHUN AJARAN 2010/2011

ANDARI, ZUNIA LUCKY (2011) STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN IPA ANTARA PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGMOJO 01 TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (64kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode demonstrasi dan metode penemuan terbimbing pada siswa kelas IV SD Negeri Karangmojo 1 tahun ajaran 2010/2011. Variabel yang digunakan adalah prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam sebagai variabel terikat (X) dan metode demonstrasi dan metode penemuan terbimbing sebagai variabel bebas (Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Karangmojo 01 tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 36 siswa, dan untuk sampelnya dari seluruh populasi yang ada dijadikan sampel yaitu yang terdiri dari dua kelas, kontrol dan eksperimen. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara metode demonstrasi dan metode penemuan terbimbing pada siswa kelas IV SDN karangmojo 01 Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011. Diperoleh dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung > ttabel (2,126>2,032) diterima pada taraf signifikansi 5%. Nilai rata-rata prestasi belajar IPA kelas eksperimen lebih besar atau lebih tinggi dari pada kelas kontrol pada pembelajaran yang menggunakan metode demonstrasi (8,36) dan yang menggunakan metode penemuan terbimbing (7,64) atau terdapat selisih 0,72. Artinya pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi lebih baik (lebih efektif) dalam meningkatkan hasil belajar IPA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode demonstrasi, metode penemuan terbimbing, dan prestasi belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 27 Jul 2011 06:39
Last Modified: 27 Jul 2011 06:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13666

Actions (login required)

View Item View Item