PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH MENGGUNAKAN CHART UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII SMP AL-ISLAM KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011

PUJIASTUTI, RETNO (2011) PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH MENGGUNAKAN CHART UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII SMP AL-ISLAM KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB__1.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB__2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB__3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB__4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB__5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam pelaksanaan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan strategi dan media pembelajaran, salah satunya yaitu dengan strategi Index Card Match menggunakan Chart. Strategi Index Card Match adalah strategi yang cukup menyenangkan, sehingga dapat membuat pelajaran tetap melekat dalam pikiran siswa dan menjadikan belajar tidak terlupakan, sedangkan chart adala h media gambar yang mudah dimengerti, sederhana dan dapat diganti pada waktu-waktu tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Al-Islam Kartasura tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan strategi Index Card Macth menggunakan Chart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Analisis data dalam penelitian ini dengan deskriptif kualitatif yang dilengkapi dengan analisis rata-rata hasil belajar dikelas VIII C SMP Al-Islam Kartasura tahun ajaran 2010/2011. Sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh rata -rata hasil belajar kognitif produk siswa 55,68 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 66,53 dan rata -rata pada siklus II meningkat menjadi 70,00. Sedangkan untuk perilaku afektif pada siklus I dengan rata-rata 11,77 dengan kriteria cukup berminat dan meningkat pada siklus II menjadi 20,58 dengan kriteria sangat berminat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi Index Card Match menggunakan Chart dapat memperbaiki proses pembelajaran, hal ini didukung dengan peningkatan keaktifan dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Al-Islam Kartasura tahun ajaran 2010/2011 pada materi sistem peredaran darah manusia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, hasil belajar, strategi index card m atch dan chart
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Jul 2011 06:35
Last Modified: 27 Jul 2011 06:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13665

Actions (login required)

View Item View Item