PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (BERBAGI PENGETAHUAN SECARA AKTIF) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SISTEM KOORDINASI MANUSIA PADA SISWA KELAS IXE SEMESTER GENAP SMP N 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011

MUKMININ, ACHYAR (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (BERBAGI PENGETAHUAN SECARA AKTIF) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SISTEM KOORDINASI MANUSIA PADA SISWA KELAS IXE SEMESTER GENAP SMP N 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)

Abstract

Kemajuan teknologi, komonikasi, dan informasi yang berkembang begitu pesat berdampak positif dan negatif pada kemajuan IPTEK sehingga sekolah perlu memperhatikan seluruh instrument yang ada di sekolah. Di sisi lain masalah utama pada proses pembelajaran di SMP N 2 BOYOLALI adalah 1) Siswa ramai dan tidak konsentrasi dalam belajar 40%, 2) Siswa tidak aktif dalam pembelajaran 35%, 3) Siswa bermain dalam kelas pada waktu belajar 30%, 4) Siswa makan dalam pembelajaran 25%, 5) Kurang motivasi dalam pembelajaran 20%.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi sistem koordinasi manusia pada siswa kelas IX semester genap SMP N 2 BOYOLALI tahun ajaran 2010/2011 dengan penerapan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing (berbagi pengetahuan secara aktif). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 1 pertemuan. Penelitian ini diawali dengan diskusi dan pemberian tes setiap akhir siklus. Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing yaitu dengan memberikan bermacam soal sebelum pembelajaran setelah itu berkelompok dengan diskusi. Teknik pengumpulan data dengan lembar pengamatan, diskusi, dokumentasi, tes dan lembar penilaian afektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif (rata-rata nilai kelas) Untuk data yang diperoleh dari tes kemampuan awal, tes siklus I, dan II data pengamatan dengan lembar penilaian afektif dianalisis secara kuantitatif dengan penghitungan rerata. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata nilai siklus I aspek kognitif: 65,38 atau meningkat sebesar 8,71 dari nilai awal dengan rata-rata 56,67; aspek afektif: 33,19 (termasuk kategori cukup berminat). Rata-rata nilai siklus II aspek kognitif: 76,71 atau meningkat sebesar 11,33 dari nilai siklus I dengan rata-rata 65,38; aspek afektif: 41,88 (termasuk kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing meningkatkan pemahaman siswa yang terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem koordinasi manusia pada siswa kelas IX semester genap SMP N 2 BOYOLALI tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman materi, active knowledge sharing .
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Jul 2011 05:50
Last Modified: 27 Jul 2011 05:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13660

Actions (login required)

View Item View Item