UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V SDNEGERI 03 POPONGAN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011

PERMADANI, IKA LINA (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V SDNEGERI 03 POPONGAN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (168kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)

Abstract

Pembelajaran yang biasa diterapkan di SD Negeri 03 Popongan Karanganyar, kabupaten Karanganyar selama ini adalah pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional, dimana proses pembelajaran berpusat pada guru sedangkan siswa pasif atau kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Hal tersebut merupakan masalah sehingga perlu adanya metode pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPS. Salah satu metode yang digunakan adalah metode mind mapping. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS dengan metode pembelajaran mind mapping pada siswa kelas V SD Negeri 03 Popongan Karanganyar tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi Keanekaragaman Suku dan Budaya di Indonesia. Yaitu pada aspek kognitif sebelum tindakan rata-rata siswa sebesar 34,7%, rata-rata siklus I meningkat menjadi 39,13%, rata-rata siklus II meningkat menjadi 56,52%, rata-rata siklus III meningkat menjadi 91,3%. Jadi hampir 90% dari kondisi awal tindakan siswa mengalami peningkatan nilai.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Mind Mapping, peningkatan hasil belajar IPS bagi siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 27 Jul 2011 03:35
Last Modified: 27 Jul 2011 03:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13641

Actions (login required)

View Item View Item