PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING DITINJAU DARI ASPEK INTONASI, PELAFALAN, JEDA DAN KELANCARAN MELALUI MEDIA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS IVSDN SAMBIREJO 3 PLUPUH KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011

WIBOWO, DWI ARIE (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING DITINJAU DARI ASPEK INTONASI, PELAFALAN, JEDA DAN KELANCARAN MELALUI MEDIA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS IVSDN SAMBIREJO 3 PLUPUH KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (189kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (852kB)

Abstract

Keterampilan membaca merupakan modal utama pelajar dalam upaya mendapatkan pendidikan dan ilmu pengetahuan yang bermutu. Tanpa adanya bekal tersebut, kita tidak akan memperoleh informasi dan pengetahuan. Tujuan utama membaca adalah untuk mendapatkan informasi dan memahami makna bacaan.. Oleh karena itu perlu diciptakan suatu kondisi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan membaca, diantaranya melakukan suatu pembelajaran dengan menggunakan media bergambar. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan siswa dalam membaca nyaring setelah mendapatkan pembelajaran membaca dengan media bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Sambirejo 3 Plupuh Kabupaten Sragen. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media bergambar dapat membuat siswa merasa senang, santai dan tidak merasa tegang dalam mengikuti pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan media bergambar juga dapat memotivasi siswa untuk lebih memahami materi bacaan, Hal ini dapat dilihat dari peningkatan kemampuan membaca nyaring siswa. Penelitian ini dianggap berhasil jika nilai rata-rata kelas pada keterampilan membaca nyaring siswa ditinjau dari aspek intonasi >20%, pelafalan>15%, jeda >15% dan kelancaran >20%. Berdasarkan hasil test akhir setiap siklus didapatkan prosentase nlai rata- rata kelas yang meningkat pada tiap-tiap siklus, dimulai dari pra siklus kesiklus I naik sebesar 7,55%, siklus I kesiklus II naik sebesar 17,40%, dan pra siklus kesiklus II naik sebesar 26,27%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan membaca nyaring para siswa pada tiap-tiap siklus, hal ini terjadi karena media bergambar merupakan media yang sangat familiar bagi para siswa sehingga penggunaan media bergambar mudah diterima siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan membaca, media bergambar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 27 Jul 2011 02:39
Last Modified: 27 Jul 2011 02:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13637

Actions (login required)

View Item View Item