PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PTK siswa kelas VI di SD Negeri 4 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011)

SETIYANINGSIH, DWI AYU (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PTK siswa kelas VI di SD Negeri 4 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (281kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (157kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Dfatar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui model pembelajaran tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 4 Kartasura yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah terjadinya peningkatan pemahaman konsep matematika melalui model pembelajaran tutor sebaya. Adapun peningkatan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika yaitu: 1) Siswa yang mampu menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan sebesar 22,22%, pada putaran I meningkat menjadi 37,04%, putaran II sebesar 48,15%, dan pada putaran III meningkat menjadi 59,26%. 2) Siswa yang mampu mengemukakan pendapat sebelum tindakan sebesar 18,52%, pada putaran I meningkat menjadi 33,33%, putaran II sebesar 48,15%, dan pada putaran III meningkat menjadi 62,96%. 3) Siswa yang aktif didalam kelompok tindakan sebesar 22,22%, pada putaran I meningkat menjadi 40,74%, putaran II sebesar 55,56%, dan pada putaran III meningkat menjadi 70,37%. 4) Siswa yang mampu menyimpulkan materi sebelum tindakan sebesar 3,70%, pada putaran I meningkat menjadi 18,15%, putaran II sebesar 25,92%, dan pada putaran III meningkat menjadi 40,74%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui model pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Tutor Sebaya.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Jul 2011 04:04
Last Modified: 26 Jul 2011 04:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13586

Actions (login required)

View Item View Item