PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS V SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

MARDIANA , SARI (2011) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS V SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB__1.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB__2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB__3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB__4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB__5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode demonstrasi dengan metode Index card match. Jenis penelitan ini adalah penelitian eksperimen dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas V SDIT Nurhidayah Surakarta tahun ajaran 2010/2011 Sebanyak 4kelas yang berjumlah 142.Sampel yang di ambil 2 kelas sebanyak 72 siswa dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA dengan metode demonstrasi dengan metode index card match pada siswa kelas V SDIT Nurhidayah Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Diperoleh dari hasil uji t yang memperoleh t hitung>ttabel (2,449 > 2,030) pada taraf signifiikansi 5% hasil belajar IPA pada pembelajaran menggunakan metode demonstrasi (80,28) lebih tinggi dar i pada hasil belajar dengan menggunakan metode index card match (75,28) atau terdapat selisih sebesar (5.00) . Artinya pembelajaran demonstrasi lebih baik (lebih efektif) dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode demonstrasi, metode index card match,hasil belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2011 10:22
Last Modified: 11 Jul 2011 10:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13383

Actions (login required)

View Item View Item