PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA PADA SISWA KELAS V SDN 2 SISWODIPURAN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

PRASETYO , WAHYU ARY (2011) PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA PADA SISWA KELAS V SDN 2 SISWODIPURAN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan penerapan metode inquiry. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SDN 2 Siswodipuran Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali yang berjumlah 15 siswa, sedangkan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru kelas V. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yaitu wawancara, observasi, tes/pemberian tugas. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan metode inquiry hasil belajar IPA meningkat. Hal itu ditandai dengan adanya peningkatan hasil belajar IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya, rata-rata hasil belajar sebelum tindakan 58.66%. Pada siklus 1 rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 64%, siklus 2 meningkat menjadi 75.14%, dan pada siklus ke III meningkat menjadi 84.93%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa meningkatnya hasil belajar IPA dengan mengunakan metode inquiry.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode inquiry, materi cahaya dan sifat-sifatnya.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2011 09:32
Last Modified: 05 Jul 2011 09:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13309

Actions (login required)

View Item View Item