STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN STRATEGI NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD N 6 SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011

HANDAYANI , AMIN (2011) STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN STRATEGI NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD N 6 SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover_depanx.pdf

Download (103kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_Ix.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IVx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_Vx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRANx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara pembelajaran menggunakan strategi Think-Pair-Share (TPS) dengan strategi Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas IV semester I SDN 6 Sragen tahun ajaran 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Semester I SDN 6 Sragen tahun ajaran 2010 /2011. Penelitian ini termasuk penelitian populasi yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas IVA untuk kelas eksperimen menggunakan strategi TPS dan kelas IVB kelas kontrol menggunakan strategi NHT. Teknik uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas menggunakan metode Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas (X) terdiri dari strategi TPS dan strategi NHT sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi dimana instrumen soal telah diuji validitas dan reliabilitas tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil analisis data dengan nilai thitung > ttabel, yaitu 2,214 > 2,021, sehingga H0 ditolak, berarti ada perbedaan hasil belajar IPA yang proses pembelajarannya menggunakan strategi TPS dibandingkan dengan menggunakan strategi NHT pada siswa kelas IV SDN 6 Sragen Tahun 2010 / 2011. Berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar IPA kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 75,7 > 69,3, berarti hasil belajar IPA siswa yang dikenai strategi TPS lebih baik jika dibandingkan dengan strategi NHT. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan hasil belajar IPA antara pembelajaran menggunakan strategi TPS dengan pembelajaran menggunakan strategi NHT pada siswa kelas IV semester I SDN 6 Sragen tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi Think-Pair-Share (TPS), strategi Numbered Heads Together (NHT), hasil belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2011 09:20
Last Modified: 05 Jul 2011 09:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13308

Actions (login required)

View Item View Item