PENGGUNAAN METODE BUZZ GROUP PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI ALAT INDERA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 04 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011

ROSYDIANA , RIFKA (2011) PENGGUNAAN METODE BUZZ GROUP PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI ALAT INDERA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 04 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (173kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (823kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk : (1) Mendeskripsikan penggunaan metode Buzz Group pada mata pelajaran IPA materi alat indera manusia, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 04 Kuto terhadap materi alat indera manusia melalui penggunaan metode Buzz Group. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus yang terdiri dari empat tahapan antara lain : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 04 Kuto, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 23 siswa dan terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini mengambil materi tentang Alat Indera Manusia pada mata pelajaran IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian hasil belajar siswa, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Buzz Group pada mata pelajaran IPA materi Alat Indera Manusia dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 04 Kuto Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2010/2011 yang terbukti dengan adanya peningkatan rata-rata dari nilai pra siklus sebesar 62,17 menjadi 69,34 pada siklus I (mengalami peningkatan sebesar 7,17%) dan menjadi 82,39 pada siklus II (mengalami peningkatan sebesar 13,05%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode buzz group, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2011 06:07
Last Modified: 05 Jul 2011 06:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13298

Actions (login required)

View Item View Item