PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

SETIASIH , SETIASIH (2011) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (68kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 322 siswa. Sampel dalam penelitian adalah sebanyak 80 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling cara undian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F dan sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 74,039 + 0,450.X1 + 0,482.X2, artinya prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh pengelolaan kelas dan media pembelajaran. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Pengelolaan kelas berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel pengelolaan kelas sebesar 2,500 sehingga thitung > ttabel atau 2,500 > 1,980 (α = 0,05 ). (2) Media pembelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel media pembelajaran sebesar 2,940 sehingga thitung > ttabel atau 2,940 > 1,980 (α = 0,05). (3) Pengelolaan kelas dan media pembelajara secara bersama- sama berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 4,798 lebih besar dari Ftabel (3,07) pada taraf signifikasi 5%. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,111, berarti 11,1% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh variabel pengelolaan kelas dan media pembelajaran sisanya sebesar 88,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan kelas, media pembelajaran dan prestasi belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2011 09:01
Last Modified: 04 Jul 2011 09:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13266

Actions (login required)

View Item View Item