PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE TIME TOKEN ARENDS DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 01 DUKUH KECAMATAN NGARGOYOSO TAHUN AJARAN 2010/2011

MULYOWATI , ETY (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE TIME TOKEN ARENDS DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 01 DUKUH KECAMATAN NGARGOYOSO TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (493kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui metode Time Token Arends. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penelitian adalah peneliti dan siswa kelas IV SD N 01 Dukuh yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada materi energi panas dan bunyi. Hal ini dapat dilihat dari 1) aktivitas siswa yang bertanya sebelum diadakan tindakan sebesar 27,78%, pada siklus I sebesar 38,89 %, pada siklus II sebesar 50 %, di akhir siklus mencapai 72,22 %, 2) menjelaskan materi di depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 0%, pada siklus I sebesar 33,33 %, pada siklus II sebesar 66,67%, di akhir siklus mencapai 100%, 3) memberi tanggapan sebelum diadakan tindakan sebesar 16,67%, pada siklus I sebesar 22,22%, pada II sebesar 44,44%, di akhir siklus mencapai 72,22 %, serta 4) mengerjakan soal secara mandiri sebelum ada tindakan sebesar 44,44%, pada siklus I sebesar 50%, pada siklus II sebesar 61,11%, dan di akhir siklus mencapai 88,89%. Hasil post test yang dilakukan di akhir proses pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan hasi belajar IPA siswa pada materi energi panas dan bunyi. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai daya serap 16,67%, pada siklus I mencapai daya serap 38,89%, pada siklus II mencapai daya serap 55,56% sedangkan di akhir tindakan hasil belajar siswa mencapai daya serap 77,78%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Time Token Arends dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas siswa sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas, hasil belajar, time token arends
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2011 04:58
Last Modified: 23 Jun 2011 09:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13063

Actions (login required)

View Item View Item