PENERAPAN STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 04 KUTO KEC KERJO KAB KARANGANYAR TAHUN 2010/2011

PRASETYANINGRUM , YUNITA FITRIANA (2011) PENERAPAN STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 04 KUTO KEC KERJO KAB KARANGANYAR TAHUN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.PDF

Download (307kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (231kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 04 Kuto sebelum menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question And Getting Answer, (2) apakah proses pembelajaran matematika pada pokok bahasan operasi perkalian dan pembagian melalui strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question And Getting Answer dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 04 Kuto. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 04 Kuto dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan operasi perkalian dan pembagian sebelum menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question And Getting Answer, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 04 Kuto dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan operasi perkalian dan pembagian sesudah menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question And Getting Answer. Ditinjau dari jenisnya penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 04 Kuto yang berjumlah 23 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus tindakan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, atau observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis data yang bersifat Deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah penerapan strategi pembelajaran Giving Question And Getting Answer dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi perkalian dan pembagian siswa kelas IV SD Negeri 04 Kuto Kec Kerjo Kab Karanganyar Tahun 2010/2011. Hal ini terbukti dari peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika yang semula hanya 61,30%. Pada siklus I hasil belajar yang dicapai menjadi 73,47% (mengalami peningkatan sebesar 12,17%).Sedangkan pada siklus II hasil yang dicapai 86,08% (mengalami peningkatan sebesar 12,61%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Strategi Giving Question And Getting Answer
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2011 06:05
Last Modified: 17 Nov 2012 05:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13055

Actions (login required)

View Item View Item