PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP (CONCEPT MAP) DENGAN MEDIA VISUAL POKOK MATERI EKOSISTEM PADA SISWA KELAS VII A SMP N 1 GATAK SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011

SHOLIHAH , HANIFATUSH (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP (CONCEPT MAP) DENGAN MEDIA VISUAL POKOK MATERI EKOSISTEM PADA SISWA KELAS VII A SMP N 1 GATAK SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._halaman_depan.pdf

Download (200kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._daftar_pustaka.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._lampiraan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan metode pembelajaran serta media pembelajaran yang cocok bagi pembelajaran, salah satunya yaitu dengan penerapan strategi pembelajaran peta konsep dengan media visual pada pembelajaran biologi. Strategi pembelajaran peta konsep merupakan strategi yang meminta peserta didik untuk membuat satu gambar tentang konsep-konsep utama yang saling berhubungan, yang ditandai dengan garis panah ditulis label yang membunyikan bentuk hubungan antar konsep- konsep utama, sehingga siswa nanti bisa berfikir secara kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIIA SMPN 1 Gatak Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011melalui penerapan strategi pembelajaran peta konsep dengan media visual pada pokok materi Ekosistem. Metode penelitian ini teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan dialog awal, metode observasi, metode tes, metode dokumentasi Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh rata-rata hasil belajar siswa aspek kognitif sebesar 51,00 dan rata-rata hasil belajar pada siklus I (aspek kognitif= 62,00 atau meningkat sebesar 11 dari nilai awal); aspek afektif=11,20 (siswa kurang berminat). Rata-rata hasil belajar siklus II (aspek kognitif= 74,75 atau meningkat sebesar 12,75 dari siklus I); aspek afektif=16,28 (siswa cukup berminat) atau meningkat sebesar 5,08 dari siklus I. Rata-rata hasil belajar pada siklus III (aspek kognitif= 79,13 atau meningkat sebesar 4,38 dari siklus II); aspek afektif=21,20 (siswa berminat) atau meningkat 4,92 dari siklus II. Hal tersebut menunjukkan setelah diberikan materi dengan penerapan strategi peta konsep berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 11 point. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi peta konsep dengan media visual dapat meningkatkan hasil belajar biologi pokok materi Ekosistem pada siswa kelas VIIA SMPN 1 Gatak Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penerapan strategi pembelajaran peta konsep,media visual, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2011 04:19
Last Modified: 21 Jun 2011 04:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13044

Actions (login required)

View Item View Item