PENGARUH LINGKUNGAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010-2011

DEWI , SARASWATI RATNA PUSPA (2011) PENGARUH LINGKUNGAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010-2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover.pdf

Download (268kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_Ix.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.cintax.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_IIIx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_Pustaka_Saras.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran_Saras.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh lingkungan terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi. 2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi. 3) lingkungan dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 220 siswa. Sampel diambil sebanyak 135 orang siswa dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Lingkungan mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,627 > 1,978 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Motivasi belajar mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,416 > 1,978 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Lingkungan dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 51,379 > 3,065 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel lingkungan memberikan sumbangan efektif 19,6%. Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan efektif 24,2%, jadi total sumbangan efektif adalah sebesar 43,8%, sedangkan 56,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: lingkungan, motivasi belajar dan prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2011 09:22
Last Modified: 16 Jun 2011 09:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13009

Actions (login required)

View Item View Item