PENERAPAN METODE SURVEY,QUESTION,READ,RECITE AND REVIEW (SQ3R) PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN KARTASURA 04 TAHUN AJARAN 2010/2011

KHUSAENI , NUR (2011) PENERAPAN METODE SURVEY,QUESTION,READ,RECITE AND REVIEW (SQ3R) PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN KARTASURA 04 TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
b)_Halaman_Depan.pdf

Download (109kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
c)_Bab_I.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab II)
d)_Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab III)
e)_Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab IV)
f)_Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab V)
g)_Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
h)_Daftar_Pustaka.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
i)_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Kartasura 04 tahun ajaran 2010/2011 dengan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) pada materi Perubahan Wujud Benda. Metode penelitian dengan Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dalam tiga siklus. Tindakan kelas dilakukan dengan metode SQ3R dan diakhiri dengan post- test pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas V pada siklus I (Aspek kognitif = 54,54 atau meningkat sebesar 21,51 poin dari rata-rata nilai awal yaitu 33,03; aspek afektif = 25,39 (termasuk kategori kurang berhasil) Rata-rata hasil belajar pada siklus II (Aspek kognitif = 73,03 atau meningkat sebesar 18,49 poin dari rata-rata siklus I; Aspek afektif = 32,09 (termasuk cukup berhasil) atau meningkat sebesar 6,70 poin dari siklus I). Untuk rata-rata hasil belajar pada siklus III (Aspek kognitif = 86,96 atau meningkat sebesar 13,93 poin dari rata-rata siklus II; Aspek Afektif = 39,45 (masuk dalam kategori berhasil) atau meningkat sebesar 7,03 poin dari siklus II). Secara keseluruhan aspek penilaian kognitif pada siklus III meningkat menjadi 53,93 poin dari penilaian kognitif nilai awal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Kartasura 04 tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2011 09:40
Last Modified: 07 Jun 2011 09:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12824

Actions (login required)

View Item View Item