PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG BENDA CAIR, PADAT DAN GAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI WINONG KECAMATAN PENAWANGAN KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

SEKARSARI , LULUQ (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG BENDA CAIR, PADAT DAN GAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI WINONG KECAMATAN PENAWANGAN KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (248kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (393kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)

Abstract

Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah yaitu Apakah metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang Benda Cair, padat dan gas pada siswa kelas IV SD Negeri Winong Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Tahun ajaran 2010/2011 ?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA tentang benda cair, padat dan gas dengan menggunakan metode Numbered Heads Together pada siswa kelas IV SD Negeri Winong Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi partisipan, dokumentasi, dan tes. Instrument yang digunakan dalam mengadakan evaluasi penelitian yaitu berupa lembar, tes, serta daftar nilai kelas IV SD Negeri Winong. Metode analisis yang digunakan yaitu metode analisis interaktif yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian, data awal nilai siswa yang mencapai ketuntasan dengan KKM 63,8 adalah 39%. Pada siklus I terdapat peningkatan menjadi 69%. Keaktifan siswa selama guru memberikan apersepsi 74%, keaktifan selama proses pembelajaran 66%, keaktifan siswa dalam bekerja sama 58%. Pada siklus II jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 89%, keaktifan siswa selama guru memberikan apersepsi 87%, keaktifan selama proses pembelajaran 89%, keaktifan siswa dalam bekerja sama 79%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar siswa, numbered heads together.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2011 09:15
Last Modified: 07 Jun 2011 09:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12817

Actions (login required)

View Item View Item