PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMODELAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED AND READING COMPOSITION (CIRC)(PTK di Kelas VII SMP Negeri 1 Kradenan Tahun Ajaran 2010/2011)

Kusumaningrum, Novika Trias (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMODELAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED AND READING COMPOSITION (CIRC)(PTK di Kelas VII SMP Negeri 1 Kradenan Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (160kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (329kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (339kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemodelan pemecahan masalah melalui model pembelajaran Cooperative Integrated and Reading Composition. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sedangkan desain penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kradenan. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIC SMP N 1 Kradenan yang berjumlah 40 siswa, dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIIC. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah ada peningkatan keterampilan pemodelan pemecahan masalah. Hal ini dapat dilihat dari aspek (1) kemampuan siswa dalam mengubah soal cerita ke dalam model matematika sebelum dilakukan tindakan 72,5% meningkat menjadi 100% pada akhir tindakan. (2) ketepatan dalam menggunakan rumus sebelum dilakukan tindakan 40% meningkat menjadi 80% pada akhir tindakan. (3) Ketepatan dalam proses perhitungan untuk mencari jawaban sebelum dilakukan tindakan 35% meningkat menjadi 80% pada akhir tindakan. (4) Ketepatan siswa dalam menghubungkan hasil ke masalah nyata sebelum dilakukan tindakan 27,5% meningkat menjadi 90% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated and Reading Composition dapat meningkatkan keterampilan pemodelan pemecahan masalah pada persegi panjang dan persegi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan pemodelan pemecahan masalah, Cooperative Integrated and Reading Composition.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2011 08:54
Last Modified: 06 Jun 2011 08:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12789

Actions (login required)

View Item View Item