STUDI TERHADAP METODE PENDIDIKAN ISLAM KH. AHMAD DAHLAN DALAM NOVEL SANG PENCERAH

DARMAWAN, MUHAMMAD ARIF (2010) STUDI TERHADAP METODE PENDIDIKAN ISLAM KH. AHMAD DAHLAN DALAM NOVEL SANG PENCERAH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.Halaman_Depan.pdf

Download (549kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (169kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.Daftar_pustaka.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)

Abstract

Darmawan, Studi terhadap Metode Pendidikan Islam KH.Ahmad Dahlan dalam Novel Sang Pencerah. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2008 Dalam mengajarkan ajaran Islam KH.Ahmad Dahlan mempunyai beberapa cara yang sangat unik, diantaranya; dengan memainkan biola, selalu mengajukan pertanyaan terlebih dahulu untuk membuka sebuah transfer ilmu, selalu menyisipkan nasehat di setiap pengajaran yang beliau sampaikan kepada murid-muridnya, dan masih banyak cara yang beliau terapkan untuk menyampaikan ajaran Islam, sehingga ajaran Islam dapat diterima murid-muridnya dengan baik. Hal tersebut diceritakan dalam sebuah novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral. Novel yang Menceritakan perjuangan KH.Ahmad Dahlan dalam mengajarkan ajaran Islam dan berdirinya organisasi Muhammadiyah. Dari novel Sang Pencerah itu peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana sebenarnya metode pengajaran atau pendidikan Islam KH.Ahmad Dahlan yang terdapat dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis secara lebih dalam tentang metode pendidikan Islam KH.Ahmad Dahlan dan materi pelajaran agama Islam yang disampaikan KH.Ahmad Dahlan dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan atau kontribusi bagi para pendidik, baik di lingkungan formal, non formal maupun informal, dalam upaya meningkatkan kualitas metode pendidikan Islam yang tepat guna. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil sumber data primer yaitu sebuah novel Sang Pencerah. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi. Berdasarkan jenis penelitian kepustakaan (library reseach) dengan cara mencari, mengumpulkan, dan menganalisis, kemudian diolah sesuai kemampuan penulis. Dari analisis itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Metode pendidikan Islam KH.Ahmad Dahlan yang beliau gunakan untuk mengajarkan ajaran Islam kepada murid- muridnya dan masyarakat pada saat itu berdasarkan novel Sang Pencerah adalah; metode ceramah, metode diskusi, metode demonstrasi, metode pemberian contoh danteladan, metode tanya jawab. Dampak dari metode yang diterapkan KH.Ahmad Dahlan adalah materi dapat diterima dengan baik dan menjadi mudah untuk dipahami, menggembirakan, dan menjadikan pengalaman yang menyenangkan. (2) Dalam menggunakan metode tersebut KH.Ahmad Dahlan memberikan materi pelajaran agama Islam, di antaranya; Akhlak seorang muslim, makna agama, ibadah shalat dan arah kiblat, syukur kepada Allah SWT, menyantuni fakir miskin, anak yatim dan gelandangan, dan jihad fi sabilillah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK G000/2011-006
Uncontrolled Keywords: metode pendidikan, novel Sang Pencerah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Fakultas Agama Islam > Ushuluddin
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 May 2011 05:32
Last Modified: 11 Jun 2011 04:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12423

Actions (login required)

View Item View Item